Publikasiku Terbaru: Policy Brief tentang Dana Desa

Posted on Posted in Uncategorized

Hai, jamaah!

Juli 2016 yang lalu, isu Penyaluran Dana Desa sebenernya jadi salah satu fokus tim kerja saya di kantor. Kalau nggak salah bulan September kemudian diputuskan kalau isu ini harus jadi tulisan yang dinaikkan tingkatnya jadi sebuah policy brief atau catatan kebijakan. November sebenarnya sudah cukup final, tapi karena proses revisi yang diublak-ublek sedemikian rupa, memotong tulisan panjang untuk comply dengan ketentuan sebuah policy brief yang katanya cuma boleh 4 halaman rasanya bikin setres–ternyata menulis ringkas itu lebih sulit daripada menulis panjang lebar. Pada akhir revisi rupanya timing kebijakan yang kita sasar sudah terlewat, akhirnya sekalian aja di-update dengan fakta lapangan terbaru. The good thing is dapet 2 tahun informasi berturut-turut yang semoga meningkatkan kevalidan isu yang mau kita advokasi: akuntabilitas dan kesederhanaan dalam penyaluran DD.

Buat yang belum tau, apa sih Dana Desa (juga UU Desa) bisa baca dulu postingan saya tentang itu di sini.

Oiya, sampai sini mungkin ada teman yang belum paham, apa itu policy brief? Dokumen cukup sakral yang panjangnya kalau di kantor saya ini dibatasin cuman 4 halaman nggak boleh lebih sama sekali ini fungsinya tuh buat mengkomunikasikan hasil analisis kita, temuan kita di lapangan, untuk khalayak ramai, terutama para pembuat kebijakan. Persoalannya banyak orang, terutama para pejabat ini yang memang waktunya agak sempit untuk baca laporan yang tebal. Akhirnya kita susunlah policy brief, yang namanya juga brief ya pendek aja. Mudah dicerna (insya Allah), dan mudah juga diterjemahkan jadi langkah-langkah strategis buat perbaikan isu yang disasar.

Nah, pada policy brief kali ini, yang diangkat adalah soal Penyaluran dan Pencairan Dana Desa. Jadi, meski pada 2017 penyaluran Dana Desa (DD) telah memasuki tahun ketiga, keterlambatan penyaluran dan pencairan terus terjadi dan berpotensi mengurangi kualitas pembelanjaan DD. Lalu apa permasalahan mendasar dari penyaluran DD dan apa rekomendasi kebijakan yang sesuai untuk memperlancar penyaluran dan pencairan DD?

Yuk download GRATIS di http://www.smeru.or.id/id/content/memperlancar-penyaluran-dan-pencairan-dana-desa

Mohon bantuannya buat disebarkan juga ya seluas-luasnya. Thank you in advance!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *