La Hasienda Hotel: Mexico a la Kupang

Posted on Posted in Traveling

Perjalanan ke Kupang kali ini sebenarnya tuh bagian dari field trip ke Pulau Flores. Salah satu lokasi penelitian dalam pekerjaan saya sekarang emang terletak di pulau itu. Sayangnya, nggak ada jadwal penerbangan Garuda Indonesia yang efektif pada saat itu. Kalau nggak transit–dan harus menginap!–di Denpasar, atau ya di Kupang. Saya sih milih Kupang karena belum pernah berkunjung ke kota ini sekaligus jalan-jalan! NTT gitu loh udah mulai masuk ke bagian timur Indonesia.

Awalnya saya cukup bingung karena referensi saya untuk tempat nginep nggak begitu banyak di kota itu. Tapi untung aja ada website online burung biru yang super helpful. Since then selalu pake itu buat pesan akomodasi ini itu. Prinsip saya sih sederhana aja, yang penting bersih, dan pastinya sesuai budget dari kantor. Berdasarkan review yang ada di website itu, pilihan saya jatuh ke La Hasienda Hotel. Ekspektasi saya nggak begitu besar karena foto-foto yang disediakan juga agak seadanya. Tapi jujur, saya langsung jatuh cinta sama hotel ini waktu sampai di sana.

DSC07173.jpg

DSC07171.jpg

Kabarnya hotel ini memang punyanya orang bule yang kawin sama orang sini. Tapi nggak tau juga bener apa enggak. Dari luar, kita langsung disambut sama gapura warna coklat oranye dan lorong penuh rumput merambat. Saya pikir awalnya ini hotel tua sederhana. Tapi tunggu dulu sampai masuk ke area penerimaan. Mexico banget!

Emang sih saya belom pernah ke Mexico. Tapi ini jauh berbeda banget sama bayangan pra-keberangkatan saya sebelom ke NTT. Kirain di sana semuanya bakal serba sederhana dan tua.

DSC07104.jpg

Menurut saya, penempatan semua pernak-perniknya thoughtful alias dipikirin banget. Begitu masuk tangga untuk naik ke area resepsionis dibuat agak meliuk. Jauh dari kesan seadanya dibuat untuk ukuran penginapan di daerah. Terus di langit-langit ada lusinan bendera dari berbagai negara yang bikin kesannya tuh jadi internasional banget. Belum lagi ornamen batu-batuan yang kepasang di dinding. Instagrammable banget!

DSC07100.jpg

DSC07084.jpg

DSC07092.jpg

Nah setelah minta diantar supir mobil sewaan keliling kota, saya nggak punya cukup banyak tenaga untuk eksplorasi lebih banyak. Cahaya lampu di hotel ini memang dibuat agak temaram. Terkesan gelap malah. Tapi justru membuat segala tekstur dinding lebih keliatan karena makin kontras. Saya masuk ke kamar untuk istirahat.

DSC07081.jpg

Paginya, tentu saya menuju ke Resto yang ada di lantai 2. Malam harinya saya sempat foto tangga menuju ruang makan itu. Masih nggak percaya ada bangunan dengan interior sebagus itu di NTT. Padahal menurut data, provinsi tempat hotel ini berada tuh peringkat ke-tiga sebagai yang termiskin di Indonesia. Tapi jujur aja, saya langsung optimis dengan kreativitas yang hadir di hotel ini. Andaikan hal ini bisa menular, dan lebih banyak lagi menonjolkan kekayaan ekonomi kreatif setempat (termasuk tenun ikat yang melegenda itu!), yakin deh ini daerah bisa lebih maju lagi. Amin!

DSC07111.jpg

Makanan yang disediakan cukup standarlah, nasi goreng. Dan saya minta dibikinkan juga kopi hitam. Keburu penasaran karena kabarnya lokasi penelitian saya yang sebenarnya tuh sekaligus tempatnya Kopi Bajawa yang terkenal itu. Sayangnya yang ini bukan. Tapi not bad! I really needed a caffein kick in the morning for the rest of the trip.

DSC07162.jpg

DSC07141.jpg

DSC07135.jpg

DSC07130.jpg

DSC07131.jpg

dan tiba-tiba di lantai 2 ini juga ada pojok kontemplasi. Saya sebut begitu aja deh, karena nggak tau fungsinya apa selain untuk duduk-duduk dan lihat ke lingkungan sekitarnya dari atas. Lucu juga! Hehehe

DSC07157.jpg

Kunjungan saya ke Kupang kali ini meskipun nggak sampai 24 jam benar-benar berkesan dengan pengalaman menginap di hotel ini. Pelayanannya pun juga baik, bahkan sapaan yang digunakan oleh para staff hotel mulai agak mirip dengan hotel-hotel biasanya. Tapi justru yang agak clumsy seperti ini yang menarik. Terasa lokalnya. Yang pasti kalau saya ke Kupang lagi saya bakal nginep di La Hasienda lagi!

DSC07174.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *