Cerita Usus Buntu part 4 (end): Post Operasi Perut Gue Semakin Kencang!

Posted on Posted in Uncategorized

6 hari 5 malam gue nginep di Rumah Sakit Dharma Nugraha di Rawamangun. Enak ga enak sih, enaknya adalah makanan dateng sendiri ke tempat tidur, tapi lo jalan-jalan tuh gak bisa.

di ICU, gue baru ngerasa bahwa yang namanya Kentut tuh sangat berharga. Karena habis operasi buka perut, kalau belom kentut gak boleh minum ama makan. Alasannya adalah karena obat bius yang disuntikin ke badan itu gak cuma melumpuhkan badan lo aja tapi juga organ-organ di dalem tubuh lo termasuk usus. Dan si usus ini sepanjang hari selalu melakukan gerak peristaltik atau meremas-remas. Tapi, karena kena obat bius si usus ini istilahnya ‘tertidur’ gitu. Nah, ternyata meskipun kita udah bangun dan sadar dari biusan, usus ini masih tetap malas bergerak sementara itu isinya kosong, alias cuman isi angin. Nah ketika dia udah mulai gerak lagi, saat itulah gue teriak ke suster di tengah siang bolong yang sepi parah, “SUSTERRR!!! SAYA KENTUTTTT!!!”. Bro n sis, lo tau kan ya, ruang ICU tuh ga ada tv ga ada suara apapun, sunyi senyap, makanya gue gak heran orang masuk ICU pada mati semua, meanwhile gue teriak-teriak kaya gitu, “SUSTER!! SAYA BARUSAN KENTUT!“. Bodo amat gue gak malu, GUE AUSSSS!!

Tapi apa coba kata susternya, “Bentar ya gema, nanti tunggu dokter dulu kamu boleh makan minum atau belum“. Dafuqqqqqqqqqqqqqqqq!! gue udah menunggu berjam-jam biar bisa minum ๐Ÿ™ sedih.

Ketika gue dipindah dari ICU ke ruang perawatan biasa, itu badan rasanya masih agak lemes, rambut berminyak karena gak pernah mandi, dan kumis dan jenggot udah menjuntai-juntai sampe lantai (yang terakhir boong, tapi lebat sih, udah makin mirip engkoh-engkoh deh.) Terus si perut ini rasanya masih suka perih-perih dan gue gak ngerti yang sakit itu jahitannya atau isinya.

Emang deh, yang namanya post operasi tuh pasien butuh banget dukungan semangat dan moral, karena gue udah kepikir yang engga-engga,ย apakah operasi gue berhasil? apakah jahitan di dalam perut gue brodol? apakah selamanya gue akan terkapar di atas kasur? Walaupun kadang semua kekhawatiran gue itu mungkin gak terjadi, tapi bayangan-bayangan buruk tuh selalu lewat dan seiring berputarnya jarum jam semakin lebay. Jadi maklum aja kalo pasien jadi kekanak-kanakan waktu dirawat.

Anyway, ketika akhirnya gue boleh makan, wuh gue semangat banget. ENAK banget sih makanan rumah sakit, gue pikir kaya di Borromeus (ketawan pernah nyicip) yang semua makanannya anyep alias ga ada rasanya. Ini beneran deh, enaknya super. Dan satu yang gue heran pada saat itu, gue abis operasi usus kok dikasih makannya udah hardcore begini ya, ada ayam, daging semur, terus sayur buncis-wortel yang kalo digigit renyahย krauss-krausss..ย gitu. Makanan pertama gue waktu itu dikasih pada waktu makan malam. Tidur gue nyenyak enak deh.

Besoknya, gue tiba-tiba mules gak tau kenapa banget. Serius itu perut perihnya minta ampun. Kekhawatiran muncul lagi. Yang heboh siangnya. Gue muntah-muntah! Dan lo semua harus tau, secara jahitan di perut gue belum kering, setiap batuk, atau bersin tuh sama dengan neraka. Perut lo mengejan dan jahitan lo ketarik semua. (FYI aja gue pernah baca kalo setiap bersin, manusia tuh ngeluarin angin dengan kecepatan 100km/jam kalo gasalah ya, jadi bayangin aja gimana perut lo menekan supaya udara keluar sehingga jahitan lo ketarik) Nah, ini apalagi gue muntah, itu perut mengejan berkali-kali, dan sesaat setiap gue habis muntah jahitan ketarik, teruss aja kaya gitu. T_T Nyiksa banget deh.

Akhirnya hari itu makan siang dan malam gak gue makan, enek banget nyium bau opor dan semur, meskipun enak tapi tiap nelen muntah, nelen lagi muntah lagi. dan lebih neraka lagi, setiap muntah jahitan gue ketarik-tarik. ๐Ÿ™

Tapi alhamdulillah besoknya gue udah kembali seperti biasa lagi, dikasih pencahar yang dimasukin lewat anus sama suster..ย aku jadi malu

Suster berkali-kali tiap mandiin gue di tempat tidur dan ngasih makan nyuruh gue jalan. Akhirnya gue berusaha untuk mulai jalan..

1stย attempt…ย Dibantuin nyokap, gue mau nangis rasanya, karena ngangkat badan gue untuk bangun dari posisi berbaring tuh gak bisa. Gue mau nangis karena gue lagi-lagi khawatir dan otak logis gue berpikir kalo ternyata tendon otot di perut gue udah dipotong waktu operasi sehingga dia gak punya kekuatan lagi untuk mengangkat separuh badan atas gue. T_Tย gue gak mau seumur hidup setiap pagi dibantuin ngangkat badan..

Akhirnya bisa sih ngangkat badan, tapi begitu posisi badan gue udah duduk, tiba-tiba pandangan gue gelap, seisi ruangan menghilang dari pandangan, efeknya kayaย fading out dari atas ke bawah gitu. Gils! Gue hampir pingsan. Kayanya darah dari otak gue mendadak kehilangan suplai darah karena gue bangun. Untung gak sampe pingsan sih, cuman gue lagi-lagi khawatir,ย apa jangan-jangan jantung gue melemah sehingga ngalirin darah ke otak aja ga kuat..

2ndย attemptย … Gue bisa duduk lagi, yaay! Tapi dari posisi berbaring gue ga bisa langsung narik badan gue ke atas, karena jahitannya kerasa sakit. Jadi gue harus merengin badan sambil tiduran ke arah samping baru deh narik ke atas. Eh begitu gue nginjek lantai, itu gue gemeteran dong, ni kaki kaya baru pertama kali jalan aja dah. Sumpah serem. Tapi terus gue pake jalang sambil ratap-ratap tempat tidur gitu aja udah pusing, terus gue tiduran lagi deh abis itu..

3rdย attemptย … Gue bisa jalan-jalan yay dari tempat tidur ke kamar mandi, trus liat-liat pemandangan di balkon kamar, trus ngintip2 lewat pintu kamar ke koridor rumah sakit gitu. Tapi suka pusing-pusing gitu. DAN jalan gue ga bisa tegak, udah kaya kakek-kakek! Karena nih pemirsa, setiap gue menegakkan badan gue, itu jahitan di perut rasanya suakittt banget! Kencang! Aneh padahal buncit tapi rasanya kenceng banget, si jahitan tuh terus menerus memaksa badan gue untuk tetap membungkuk.

—-

Selama sebulan setelah operasi, bahkan setelah gue kembali ke Bandung untuk beraktivitas, ternyata jalan gue masih gak bisa tegak. Udah mirip punakawan atau semar gitu, pantatnya jenthit ke belakang sambil berusaha tegak gitu. Aneh abis deh bentuk badan gue.

Setiap gue berbaring, gue masih gak bisa langsung gitu ngangkat separuh atas badan gue serta-merta. Harus mereng dulu ke samping, terus bangunnya nyamping juga. Selain itu, setiap gue mereng kanan atau kiri, itu rasanya isi perut lo pun juga akan ikut pindah. Jadi kalo gue tiduran mereng ke kanan, maka isi usus lo rasanya mengalir juga ke dasar perut lo di sebelah kanan, begitu juga kalo mereng ke kiri. Hih. Serem!

Yang sedih lagi, kalo lo tiduran di atas bidang yang sangatย flatย seperti misalnya lo tiduran di lantai, lo gak bisa tidur bener-bener lurus kaki selonjoran gitu. At least gue harus nekuk lutut gue, supaya jaitan gue gak ketarik. Iya! Si jahitan gue itu udah kaya benda hidup yang ga suka diregangkan. gak bisa nih tiduran kaya gini..

>——–|—O

harus kaya gini, lututnya nekuk.. (O itu kepala)

_/\____O

kalo lo tengkurep, terus berusahaย back up (lawannyaย sit up) itu gak bisa. Karena perut lo kenceng bangettt bener-bener gak lentur lagi kaya sedia kala…

Ini adalah foto-foto abis operasinya hehee.. BB17+ nih!

Ini diaa bekas jahitannya. Si makhluk yang selama 1 bulan gak mau diregangin dan kerasa kenceng terus. hehee

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Itu bekas selang drain. Intinya yaudah selang kaya yang di aquarium gitu aja dicolokin ke situ buat ngeluarin sisa-sisa darah dansebagainya..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

__________

Alhamdulillah seenggaknya sejak sebulan setelah operasi sampe sekarang kehidupan gue udah kembali normal, kecuali…

“Dok, ini perut saya kan ototnya dipotong sama dokter pas operasi, masih bisa six packgak? Kalopun bisa ntar kan bentuknya gak beraturan ya, Dok? (harap-harap cemas sama jawabannya)”, “Tenangg,, kan itu saya motongnya persis ditengah perut, lagipula badan kita tuh hebat dia bisa nyambung sendiri ke jaringannya dia yang semula”.ย 

Hufffffffffffffffffffftttttttttttttttttttttehhhhhh…

“Dok, saya kan hobi berenang tuh, kapan saya boleh berenang lagi?”, “Ntar.. 6 Bulan lagi..” ๐Ÿ™

“Dok, kalo fitness boleh gak?”, “Pake alat ya? Jangan dulu! 1 tahun lagi lah palingan, gak papalahh gendut-gendut dikit..” :3

kata dokter gue,ย “Kamu gak boleh kecapean ya, ga boleh angkat-angkat benda berat sampe setahun”

Di satu sisiย yesss gue bisa ngeles kalo lagi berat-berat hahahahhhย >:), tapi di sisi lainย lama jugeak yeah setaonnn..

Anyway pembaca ku yang budiman, sampe sekarang emang bener sih, kalo gue kecapean, atau begadang ngerjain tugas ampe pagi tuh ya, rasanya nih jahitan gatau deh kok suka rasanya ckit-ckit.. gitu gue ga ngerti gimana jelasinya pokoknya suka nyelekit gitu kaya ditusuk2 jarum2 kecil, gak sakit sih, paling kaya digigit-gigit semut gitu.

Yah.. mau gimana lagi, konsekuensi lah abis operasi besar gitu kan?

Nah, pembaca ku yang soleh dan solehah, intinya gausah takut kalo mau operasi besar cem gue gini. Dan jangan banyak pikiran berlebihan, kalau berasa kok gue gak pulih-pulih seenggaknya memang 1-2bulan post operasi fungsi-fungsi tubuh kita belom kembali sepenuhnya normal. Dan itu sangat normal kok. Yang penting jangan kecapekan dan makan-makanan bergizi aja jadi jaringan otot yang dipotong sama dokter bisa lekas tumbuh lagi dan luka nya nutup. ๐Ÿ™‚

akhirnya selesai juga rangkaian Cerita Usus Buntuย ini..

182 thoughts on “Cerita Usus Buntu part 4 (end): Post Operasi Perut Gue Semakin Kencang!

  1. Gema lebaaayyy… Tapi sebagai pembaca yang solehah saya cukup menikmati penderitaanmu eh.. Ntar kalo punya bini trus lahirannya terpaksa c-section, ya udah tau donk ya sakitnya kayak gimana. ๐Ÿ™‚

    1. walaaah dibaca sama dokternya hahaha..

      yakali dok, amit-amit saya tidur di meja operasi lagi. harus sehat terus. ๐Ÿ˜€

      di bandung mah banyak makanan paling, Dok. Ke rumah sosis, atau rumah gajah aja mungkin buat anaknya dokter bisa sambil main-main hehe.

    2. Haiiii aku juga salah satu korban si usus buntu tepat 8 hari yg lalu aku op si rs ciawi-bogor tapi sampe hari ini masih belom bisa bab :'( pipis pun masih pake kateter :'(

  2. Sebagai teman saat menjalani pendidikan spesialis di FK-UI, memilih Dr Tony memang udah tepat, semoga lekas sembuh

  3. Salam kenal om gema, membantu sekali baca tulisan om gema, krn sy jd tau halmyg mungkin dirasakan anak saya. Alfito 3th 4 bln, sdh terkena usus buntu akut (mendadak) sbg ibunya sy shock berat krn selama ini al ga pernah mengeluh kl sakit perut. Dan sy selektif sekali dlm memberikan makanan. Al memang agak sulit makan sayur dan buah. Tp sy selalu berusaha memberikan sayur dan buah dgn cara lain. Tp hal itu msh blm bisa menghindari al dr usus buntu ini. Mohon doanya ya om gema… makasih tulisannya yg kocak bikin hiburan ๐Ÿ˜€

    1. Wahh.. salam buat dek Al ya bu.. semoga lancar.. kalo kata orang usus buntu tuh operasinya kaya sunat kok, cuman masalah waktu aja kapan dia meradangnya, kalo lagi sehat mau diangkat juga gapapa. tapi kan op nya mahal hehe..

      Semangat, Bu! Terimakasih udah berkunjung.

  4. Lucu celotehannya lumayan buat semangatin gw yg baru วŽฬœฦพษ‘ 4 hari yg lalu operasi usus buntu……
    Pengalaman pertama dan mudah”an terakhir sepanjang hdp gw di operasi…
    Bener banget kalo bersin dan batuk gileee sakitnya…..
    Mudah”an sehat terussssss…..
    Jgn sakit” lagi…

  5. Salam para Alumni Op apendixtis ( usus buntu ) kenapa bisa buntu?? tanya aja sama yang bikin gang nya..ngomong-ngomong soal kentut ( maaf,lebih tepatnya buang angin yg nyerempet2 fases ) bau donk? emang berharga banget buat kelangsungan hidup kita..8 hari lalu setelah gw post comment ini, gw masih terbaring menantikan kentut yang tak kunjung tiba pasca operasi usus buntu..istilah kerennya BEDREST! tiduran posisi terlentang,kaki lurus dan kepala rata dengan kasur tanpa bantal, bukan bantal yg tidak ada justru memang seperti itu prosedurnya.Dan pada akhirnya setelah penantian panjang selama kurang lebih 7 jam si kentut itu pun berhembus lembut diantara lesung pipit bokong sexy gw….Amin lega rasanya,biasanya sendok dipakai untuk makan, ini dipakai untuk minum!! Bayangkan pemirsa, tersiksanya artismu ini..Masa pemulihan pun berlangsung cukup singkat setelah 2 hari pasca op gw udah disuruh pulang,kenapa disuruh pulang?????karena di RS cuma mau numpang KENTUT.. heheheheh…..thanks Gema dkk semua semoga kisah kita para alumni apendix tetap meyakinkan mereka yg takut sama op usus buntu segerakanlah untuk ke dokter. Kentut itu anugerah terindah dalam hidup kita kawan……Thanks

  6. Mlm mas gemaa… Kita sama2 alumni post op App (Operasi Apendiks). Aku baru td sore keluar dri RS setelah operasi APP pd tgl 18 Maret 2013. Memang benar, menunggu saat2 kentut itu sangat mahal sekali… Aku aja sampai nangis karena perutku kembung nggak kentut2. Tp alhmadulilah setelah itu berjalan lancar lg. Tp mulai kmrn / 2 hri stlh operasi kepalaku pusing bgt sampe hari ini.. Bagi teman2 semua yg ingin operasi APP silahkan.. Dan bg yg lain, jangan menggap remeh operasi App, walaupun yg di operasi itu kecil, tp sakitnyaa setelah ituuu… Ammmppuuuunnnn…….

  7. Ane tgl7 maret kmrn op.usbun om!tp ane pas hari 5 dibekas operasi rembes ngluarin darah ama nanah.kt dokter usus ane emg dah infksi.tdnya nyokap diajarin ma dokter bwt bersiin nanah nya.wkt itu tepat seminggu pasca op,jaitan dah dcabutin 3(Punya ane dijaitnya satu2,tktnya ada nanah keluar biar gmpng bongkarnya).wuih..gile sakitnya.back to cerita dokter ngajarin nyokap.dokter ngeliatin cr brsiin nanah dngn cara jejel2in kasa ke lubang yg dah dbuka jaitanya.nyokap malah ktakutan n ga mw,lha ane aja teriak2 nahan sakit djejelin kasa.alhasil d rmh pnggl perawat tiap hari bwt brsiin nanahnya.

    1. maaf mbak sampe berapa lama ya keluar nanahnya. soalnya adaek aku juga ngalaminya. agak parno juga jadinya. ada efek sampingnya ga mbak? maksih ya buat infonya

  8. Wow…. Thx artikel nya ka..
    Sengganya menenangkan saya stlh pasca operasi usus buntu^_^ .. Saya kira cm saya ajah yg harap 2 cemas knp prt trsa kncang :-!
    Dan.. Crt pjg kaka yg gokil abis jd jwbn kebingungan saya. Hahahahahha…
    Di kemas dg bhasa yg lengkap, dr mulai proses kentut mpe gaya tidur mpe cemas apakah usus pasca operasi ok or tdk..
    ^_^ Bersyukur kaka bs lewati semua nya..
    Saya jg bsyukur sdh lwti masa2 oprasi. Tuhan menyertai saya dr awal mpe skr proses pemulihan. ^_^ Pengalaman kaka jadi berkat buat para pmbca khususnya kita2 yg alami oprasi appendix jg.
    Thx a lot..
    Jesus bless you..

  9. Lepas jahitan pasca operasi app sakit ga sih??? Soalnya seminggu kemarin jahitannya udah dilepas tp masih harus disisakan krn utk jaga2… tadi genap 16 hari pasca operasi periksa lagi tp katanya belum bs dilepas semua…. masih ngeri kata dokternya ๐Ÿ™

  10. thanks bro ats crtax, bkas jahitanx persis ama gue. gue operasi 18 april tp sampe saat ini msih tkut braktifitas, brpa lma sich istrhtx bro untk bsa aktif krja lg..??

  11. Gema, tolong sharing dong…
    Paska operasi perutnya buncit/kembung gak?

    Soalnya saya hampir sebulan paska operasi potong usus besar&apendix tp sampe skarang perut msh kembung dan buncit.

    Kapan ya bisa kempes kembali normal?

    Thanks

  12. salam super senior op usus buntu. gue belum sebulanan paska op. sore ini gue nyasar ke blognya senior. gue pasang drain juga loh. katanya kalau pasang drain itu udah parah kan ya. huhuhu. sekarang habis operasi yang bermasalah lambung gue. asam lambungnya suka naek. jadinya tiap dua jam gue harus memaha biak. mana ngga bisa olah raga berat. harus milih mau gendut apa mau sakit :'( *curhat*

  13. Baru baca nih…menarik juga, soalnya gw baru operasi usus buntu jg. Yg jelas, bagian perut jd kencangnya bikin iri. Perut gw buncit jadinya abis laparaskopi ๐Ÿ™

  14. hahah kisah yg bagus gan
    ane udah stahun lebih ni operasi appediks
    cuman jahitannya jelek amat gan agan mending lah gak keluiatan kali
    gua kayak klebelah gt prut gw (loh kok mlah curhat)
    yakin gan kalo udah operasi ni perut bisa sixpack ato gan meminimalkan perut yg buncit ni yg habis operasi
    pengen sixpacksoalnya klo buncit kyk gini keliatan kali belahan abis dijaitnya gan

  15. oya,aq juga pake drain ko sebelah kanan karena dah pecah endonya,, dan jahitannya lebih panjang.. tapi bukan usus buntu, tapi op endometriosis..

  16. Hallo kk semua salam kenal.. Sy jg hbs operasi usus buntu tgl 11 sepetember 2013 kmren di rs.hermina bandung.. Bertepatan dengan hari jadi pernikahan sy dengan suami ๐Ÿ™ sediiiiihhhhh sekali rasa nya… Mana sy lg hamil anak ke 3.. Untung lah skrg sy berangsur mulai pulih cuma sampai sy menulis tulisan ini rasa mual yg teramat sangat masih sy rasakan.. Entah itu efek apa sy gak tau tuh.. Sy ketawa2 sendiri baca blog ini sampe suami sy terheran2.. Sumpah ini blog lucu bgttttt sy ketawa sambil nahan sakit di perut.. Hehehe..

  17. hm….penuh info & lucu cerita om gema nehh:), sy juga tgl 20 September 2013 abis operasi usus buntu, pasca operasi, stlh bius lokal hilang 100%, dan bisa kentut, sy tanya suster kapan bs minum, katanya nunggu dokter besok pagi, ampun saya mesti nunggu info selama 16 jam:(
    saya minum sedikit (seluruh dlm mulut sy basahi dan keteguk sedikit air wkwkwk) dgn asumsi toh organ usus dll uda berfungsi dan jlh air yg terteguk belum cukup utk sampai di daerah operasi:)
    btw trims banget ceritanya…

  18. it’s dame right…

    pas banget yg gw alamin, gara2 ketawa sampe sakit perut baca tulisannya.. cuma sepertinya saya lebih parah karena sayatan vertikal saya lebih panjang dari mas gema (dari pusar masih ada 5-6 cm) …fyi gw operasi di ADVENT bdg. masa recovery baru berjalan 2 minggu.

    thanks tulisannya …menghibur dan membantu mental gw kalo keluhan2 yg ada Masih batas normal.

  19. hai k, gue hampir aja oprasi usus buntu,,
    tapi gak jadi mungkin awal tahun…
    kira-kira habis oprasi itu berapa hari dulu yah baru bisa beraktifitas lagi…
    thanks

    1. lho kok op usbun bisa ditunda sih. ati2 kalo infeksi dan perforasi bisa sampe ko-it tp bukan nakut2in loh. kalo ada masalah lsg ke dokter aja ya hehe
      gue sih sebulan. tp karena gue parah banget sih nah itu yg gue hampir koit

      kalo cepet diambil mah seminggu juga udah bisa haha hihi lagi katanya

  20. Hallo senior. Keren dah ceritanya. Aku baru baca, karna abis oprasi usus buntu juga seminggu yang lalu, dan lagi googling efek dari op usbun. Soalnya perut jadi buncit, sering begah, dan konstipasi. Haha. Emang bener yang paling nyiksa itu kalo batuk sama bersin. Berasa mau copot ini perut.
    Tanya dong, berapa lama rasa perih ckit ckit itu ilang? Sampe sekarang, kalo bangun tidur masih harus mereng2 juga?

  21. Hallooooowww.. Kk Gemaa..

    Lucu Deh ih Tulisannya, Bikin aqu yg msh merasakan sakit pasca laparoscopy usus buntu ini ketawa ketiwi sendiri.
    Aqu Op tgl 9 Nov kemarin,2Hari di RS sdh boleh pulang, tp msh bedrest dikasih surat istirahat seminggu.dan pas sampai dirumah malah panas dingin meriang gitu K, trus barusan tadi ( 14Nov ) aqu coba jalan ke mall dekat rumah,jaraknya ga jauh banget sih,baru sampe muter2 sebentar (15menit ) didalam mall trus udah keringat dingin,mual,pusing,lemes,nafas tuh rasanya ngos2an gitu K. Alhasil sampe rumah sudah tidak bisa tertahankan lagi langsung nembak # muntah semua keluar sampe ada lendir darahnya gitu K.ga ngerti lendir dari tenggorokan yg luka karna batuk2 saat muntah atau dari luka lambung/ususnya.tapi perut ga terlalu nyeri rasanya.
    Nah, apa emang beneran ga boleh jalan2 jauh dl ya pasca operasi itu ?pdhl udah ga terlalu nyeri luka bekas operasinya K. Mual ma Muntahnya itu sampe kapan ya menghinggapi aqu ??
    Maaaaciiiihh ya Kk Gema,tulisannya membantu sekali deh ๐Ÿ™‚

    1. gue sih seminggu setelahnya (seinget gue) udah jalan2 di kelapa gading. tapi ya itu, karena perutnya kenceng banget jdnya pantatnya gatau kenapa jadi njenthit ke blakang persis wayang semar gitu. haha ga ens banget deh

      yaudah jalanin aja lama2 juga sehat lagi kok. kalo parah sok cepet ke dokter aja lagi buat kontrol post-op

  22. Sumpeeehhh asooiii ceritanyee broo… iyaa barusan jg gw operasi usus buntuu… ada adaa aja yee proses pemulihan nyee… gampang kembung sakit.. gmpang capeee gituuuu

  23. Haha sama persis sama yang kaya gue rasain sekarang, itungannya sih gue udah semingguan pasca operasi usus buntu, pas gue liat ternyata lukanya kecil banget, tapi rasanya ampunnn nyeri dan jadi sering ragu kalo mau gerak karena kepikiran bakal ngaruh ke jahitannya atau engga.. Sedangkan life must go on kan? Mau berapa lama lagi kita nunda kerjaan? Walaupun sebenernya males-malesan dirumah dan banyakin tidur itu ide yang menggiurkan.. ๐Ÿ˜€ haha anyway thanks buat postingannya ๐Ÿ™‚ ( yang lagi gue bingungin sekarang itu, luka gue udah boleh basah belum yah? Badan udah gatel-gatel ini pengen mandi haha )

      1. Haha kali dah bau kepet..
        Kemarin tanggal 3 sih udah kontrol, dokternya pegang-pegang lukanya dan cuma bilang udah bebas mau makan apapun, sama aktifitas normal.. Ayeee akhirnya boleh mandi juga..
        Anyway, tapi emang beneran jadi gampang cape gitu yah? Soalnya gue ngerasa kalo abis beraktivitas, jantung gue kaga jedar jeder + nafas ngos-ngosan gitu..

  24. Ngeri juga yaa…baca posting gamma tp lucu :D. Ak jga hbs oprasi usus buntu 3 minggu yg lalu tp krna blm akut jd oprasi’y mungil cma 5 cm.ak pikir op itu menakutkn tp ternyata lbh menakutkn saat kita menunda op krna bisa lbh parah klo usus’y udh pecah atau gmna gt istilah dokter,sekarang dh krja lgi tp msh ngeri gan…udh blh ga ya bw motor?trs yg di mksud luka dlm apaan ya?soal’y sering pda bilang hati2 dgn luka dlm’y..tlg info’y yaa…thnk’s

    1. Haha thanks for reading, but it’s Gema here.
      Yak kaya gue ini katanya udah pecah. Soal luka dalem gue juga sempet parno sih abis katanya bikin usus jadi kelilit kan. Tp engga sih.. kalo mau kontrol lgi aja ke dokter bedah lo. Hehehe semoga lekas pulih total!

  25. ceritanya lucu tapi horor..
    gue udah ngebayangin operasinya horor bgt… kebetulan gue usus buntu kronis yg udah disodorin surat pengantar operasi dan rawat inap. kata dokternya mumpung msh kronis blm akut harus secepatnya di operasi.. ternyata klo akut resikonya lebih horor ya ampe ada nanahnya gitu >_< .

  26. mas gema ada tips ga buat nyamarin jahitan bekas operasi usus buntu? Adek aku kemarin baru aja operasi usus buntu. adekku parno ma bekas lukanya soalnya lumayan panjang.

    1. nggg.. apa ya.. kalo kata orang cowok ada bekas jahitannya Macho (buakakaka) jadi yaa udah deh saya sih woles aja..

      dokter saya sih ngasih salep gitu tube nya warna pink buat mencegah bekas lukanya mengembang jadi kaya lintah menggembung di atas kulit. pake itu aja. saya lupa namanya tapi.. maaf ya. atau pake Glyderm tuh yang ada di iklan-iklan hehe

  27. Hahahah bagus ceritanya ka oh iya saya mau nanya nih jadi adek saya kemarin abis operasi usus buntu itu udah pecah alhamdullilah sih berjalan lancar tapi adek saya udah kentut cuman dia muntah muntah ijo gituuu
    Padahal dia udah kentut kata dokter sih usua nya masih lemah cuman aku ga tega liat nya
    Minum sih boleh tapi makan gaboleh sementara dia laper banget
    Itu gimana ya ?

    1. aduh muntahnya ijo, untung gak rainbow puke ya kaya di 9gag (maaf becanda).

      punten pisan euy saya gatau musti gimana hehe.. ditahan aja nurutin kata dokter. laper kan bawaan perut aja sih. kalo nutrisi mungkin bisa diganti pake infusan yah hehe..

      saya balesnya telat nih. semoga pas kamu baca ini adeknya udah bisa makan mcd. (saya aja makan mi ayam 4 hari setelah ops, bodoooamaaat hahaha)

    2. Sori mau bantu jawab..

      Saya juga pernah mengalami muntah yang berwarna hjau seperti itu.
      Jadi klo kata dokter saya itu bisa terjadi karena efek dri obat bius yg masih tersisa..
      Krn obat bius tidak semerta-merta langsung hilang bersamaan dgn tubuh kita yg sudah tidak terkena bius lagi.. Dari bau’nya jg seperti obat bius.

      Untuk makanan, klo saya sih jujur waktu itu sama sekali gak bisa masuk makanan (mulai makanan enak sampe bubur putih). Karena mencium aroma masakan saja saya langsung muntah.
      Jadi asupan makanan saya pada saat pasca operasi (bubur bayi instan rasa beras merah, coklat, susu, sama buah)

      Mungkin bisa di coba untuk adiknya.
      Dan mungkin bisa juga di coba sama yg lain, yg mungkin pernah merasakan hal yg sama.

  28. Hi Gema.. thanks info’nya

    Pengalaman gue pasca operasi sama banget sama yg lo rasain gem!
    Mulai dari lebay’nya pemikiran2 gue tentang kemungkinan gagal operasi, mual2, muntah pas nyium bau masakan, sampe posisi tidur.

    Eh tapi lo ngerasin juga gak sih betapa dingin dan menegangkannya ruangan operasi? :s *pertanyaan gak penting sih* hahaha

    Dan tau banget gue gimana rasa sakitnya pas bersin, batuk, muntah, bahkan ketawa..
    (parahnya, saat itu gue di jengukin sama temen2 gue yg iseng2 banget) yaudah tiap ketawa nyeri2 deh tuh perut.. hiih kzl!
    Tapi sekarang.. Alhamdulillah udah bisaa ketawa dengan bebas dong ๐Ÿ˜€

    Sekarang ini udh hampir 2 bulan, tapi rasanya perut gue masih suka nyeri sendiri, trs ngilu2 (atau klo bahasa lo cekit2 gitu) ;(
    Awalnya gue pikir gue bisa sembuh lbh cepet, sekitar 2 minggu atau 4 minggu gitu.. ternyata lamaa..

    Gue sempet khawatir takut gak bisa aktivitas berat lagi kya olahraga yg memacu otot perut ikut gerak.. denger jawaban dri dokter lo ternyata lama jg yaa.. 1 thn ๐Ÿ™

    Sedangkan gue mau ngejaga bentuk badan gue supaya ttp terjaga kekencangan otot’nya.. (gak goyor2 gituuhh) :/
    Ada saran gak gema ttg olahraga yang mungkin bisa dicoba untuk orang2 yg dlm masa pemulihan pasca operasi usus buntu?

    Klo ada, boleh dong di share.. hehehe thank you

  29. Hai Gema, lucu banget ceritanya. Aku juga habis op app sekitar 3 minggu lalu. Kaget juga, setelah pulang ke rumah kok perut jadi buncit, kembung, cepet lelah. kalo skrg sih udah lumayan walaupun msh keliatan sedikit buncit. Perut msh suka ckit ckit juga. Belum lagi skrg ini asam lambung sering tampil. Trus Gema sendiri skrg msh buncit ga? kondisi kembali normal semuanya butuh waktu brp lama ya? Makasih ya

    1. Haha wuaduh kalo ngaku buncit ntar pasaran gue turun, Chav. Yah 6 bulan sebenernya udah normal lagi kok, cuman jangan heboh2 aja dulu ngapa2innya. Gue bandel sih berenang pas 7 bulanan kali yah. Tapi ya nyadar aja supaya enggak berenang total. Setahun lah udah boleh pede jingkrak2 headbang ama moshing di konser rock. Hehe.

  30. Hai gema, salam kenal sesama alumni op app huehe. Apa yg lo ceritain disini exactly sama yg gue rasain. Ni hari ke 21 pasca operasi si usbun ๐Ÿ˜€ dari sblum op gue dah baca2 tulisan lo ๐Ÿ™‚ oya, usbun gue juga dah mayan parah, sampai dipakein drain juga. Pas nyopot drain itu, naudzubilah rasanya cetar bangettttt. Huhuhu

    1. hahaha cetar banget tuh maksudnya suakit banget gitu ya?

      Seinget gue dulu pas nyopot drain ngilu aja sih, terus kayak ada bunyinya “SSSUPP!” gitu. Tapi udah lupa juga sih hehe..

      Semoga cepet sembuh ya, Dian! Cepet pulih! Amin!

  31. Blognya berguna banget buat informasi gw sebelum, dan pasca operasi usus buntu. Akhirnya gw memberanikan diri buat operasi juga. Hehehe. 7 jam setelah operasi laparaskopy, gw udah bisa jalan, gw memberanikan diri buat jalan, walaupun masih sakit, soalnya ga bisa pipis di pispot. Ga keluar gitu. Hahahaha. btw gw juga udah nonton operasi gw dari cd yg dikasih rs. Serem. Thankyou gema sharing cerita operasinya

  32. saya udah 2bulan setengah operasi usus buntu,tapi kok masih terasa nyeri di bekas jahitan ya mas.warnanya merah hanya sekitar 2cm,yang 3cm nya kering.harus nunggu berapa bulan lagi ya mas gema,bekas jahitan tidak terasa nyeri lagi atau sengkring2(istilah orang jawa).saya nulis ini juga kondisi bekas jahitan terasa sengkring2.apa nama salep buat cegah bekas jahitan muncul keloid?kali aja tau mas. salam kenal.

    1. Halo Seroja, kalau soal itu saya gak tauu. Saya bukan dokter. Coba aja dikonsul ke dokter yang dulu menangani.

      kalau untuk Keloid waktu itu saya diresepi LANAKELOID-E Cream. Tapi sekali lagi saya nggak mau sotoy. Sebaiknya periksakan aja ke dokter ๐Ÿ˜€

  33. wah kasusnya sma kyk saya. Skrg udh jln 3 minggu tp perut srasa kyk bwa batu gtu klo jalan. kira2 udh boleh makan mie ayam sma yg pedas2?

  34. Kak gema hmmmm mau nanya
    Kk operasi usus buntunya bagian perut dekat pusat ya,
    Trus sewaktu masih sakit ada lingkaran hitam g dekat mata nya
    #tq

    1. Halo, Mel! Maaf nih baru bales.

      Iya deket pusar karena udah parah. Kalo enggak sih di kanan bawah pas deket Usbun nya. Lingkatan hitam dekat mata? mmm kayanya sih engga. Capek aja kali itu hehe

      1. Bro, gue kok masih kesiksa gini bro, bener bener gak bisa jalan ๐Ÿ™ emang gini ya? Takut nih gue -/-

  35. Sy mau bagi cerita juga tgl 14 april 15 sy br aja op usus buntu tp syng usus buntu sy sudah terlanjur pecah. Saat oprasi bau nanah smpe menyeruak seruangan op serem gila kan…lama op 2 jam gr2 dok bedah bersiin nanah gua yg pada melekat ky lembaran2 keju say dok bedah winarno…setelh op sy dehidrasi smpe 2 infus masuk ke tangan…kmbl keruangan sy hanya diberi susu tp gak nunggu smpe buang gas..setelh buang gas br sy diberi makan bubur tp laukny serem2 ky daging semur ayam teriyaki dll…ttp sy gak bisa makan soalny setiap makan akan muntah…sy juga dipasang drain waktu pas dicopot ya lumayan berasa ky ada yg jln diperut tp gak terlalu sakit coz dok ajak ngobrol jd terselamur…gak lama bis op sy bisa gerakin kaki pagi hari bisa miring kiri kanan siang bisa duduk gak terlalu sakit sore udah bolak balik jalan kekamar mandi walaupun jalan masih doyong2 tp alhamdulilah jahitan gak terlalu sakit..8 hari dirawat di rs sari asih ciledug…setelh 2 hari dirmh br deh ada kekacauan lagi tiba di perban jahitan kelur deras cairan berwarna semu2 oren ato merah muda sy pikiri jahitan sy robek keluar darah…segerah dibw ke rs lg nemuin dok win…eh ternyata itu emang problem buat usus butu yg sudah terlanjur pecah dan kondisi pasien yg punya lemak bnyk…dok say itu katanya ygkeluar bukan darah tapi lemak yg mencair dr sayatan pas op jd dia mencair keluar lewat jahitan..jd gpp ktny klo keluar malah bgs bikin cepet kering jahitan…skrng sy hnya kontrol jahitan setiap 4hr 1x….skrng dah bisa makan walaupun sedikit….dah beraktivitas walaupun cuma jalan2 didalam rumah nonton tipi malas2an dikasur…jahitan gak sakit tp cuma berasa kaku aja daerah op…gak smpe ngalamin berasa pindah perut kaya om gema…om gema kok itu disayatny keatas ya…beda sm sy sy disayat ke samping dikira blm pecah eh ternyata dah pecah jadi sayatanya kesamping panjang 10cm br disampingnya bekas drain jd tanda sayatanya bentuk + nah jahitan op usus buntu – jd di perut sy ada – n + hahaha ky papan tulis yg lg bljr mtk…demikian cerita sy…mohon doanya semoga sy lekas sembuh…amin

      1. Hahahah,,,
        Haii kak gema.

        Lucu deh post nya kkaq..
        buat aku nya jdi ngakak tengah malam ni..
        apa yg kkaq rasain semua,aku juga rasain kak..
        gilak,sakitt bgt iuueee…
        Usus buntu aku juga dah pecah kak..
        Hheheh..
        Aku operasinya kmren kak..
        01 june 2015,di hospital Tengku Ampuan Raimah,Klang,Malaysia kak..
        hehehe,kebetulan aja sih lagi stay di malay…
        huhuhu…
        Hmmmm, thx ya kak,buat posting nya…
        Semangat kak…

    1. Ka nila cairan kuning aga kemerah merahan ato gmna ?
      Saya keluar jg cairan seperti itu tapi dari bekas staples jahitan yg dilepas, apa kata dokternya itu aman ?

      Thanks

  36. aku abis operasi usus buntu di pku gamping
    tgl 4 sept 2015, pas ultah, haha kadonya ga lucu..
    malem malem nemu ginian…
    ketawa ketawa ga jelas, n ga kuat…
    besok lanjut baca nya kalo dah sembuh…
    asli parah bikin ngakak…
    parah koeeeee brooooo :v

  37. Wah, mantab ternyata punya teman teman penderita usus buntu juga. Sebelumnya berasa kyk orang sendirian yg takut untuk menghadapi kehidupan pasca operasi usus buntu yg udah pecah. Terima kasih mas gemma

    1. haha ngapain bimbang. operasinya emang buka perut? kasus gue ekstrim bro, itu usus ampe pecah. Kalo nggak pecah operasi 15 menit juga kelar #sotoy. Tapi serius kalo usbunnya belom parah operasinya lebih ringan.

  38. saya hbs op usbun 2thn msh brs nyeri,, sampe keringat jagung,, udh bolak balik ke dr cm di ksh obat penghilang nyeri. hbs obat datanglah sakit,, ๐Ÿ™

    obat mujarab yg di kasih sm paman sy makan daun inai ato di rebus lalu di minum.
    sampe skrg ga pernah kambuh lg, tp sy msh minum rebusan inainya buat kembung ato obat batuk buat anak2 sy.

    wkt lahiran anak ke 3 secara caesar sy jg minta bawain rebusan daun inai sm suami, alhamdulillah ga merasakan sakit pasca caesar. dan badanpun cepet fit.

    oiya buat pegel2 jg bagus loh..
    selamt mencoba,, smg bermanfaat dan menjadi inspirasi,, obat2 tradisional lbh mantapx di bandingkan obat2 kimia

  39. senasib bro ๐Ÿ˜€ hehe
    3 bulan w gak boleh kmana2 dirumah aja. gak boleh naik motor.
    setelah 3 bulan w bebas w langsung berenang, alhasil bekas jahitan diperut w terasa nyeri kulit’y jadi agak melar gtu sedikit..
    #pesan buat para usbuners kronis (usbun pecah) pasca operasi kalo belum dapet 1 tahun jgn maksa deh buat angkat2 beban berat.. mending cari aman daripada harus ketemu lg sama meja operasi hehehe
    kadang w suka mikir apakah jahitan dalem diusus w itu aman !
    sampe skarang terhitung 10 bulan pasca operasi w masih takut aja.. takut bocor.. ๐Ÿ˜ง

  40. Kocak bro wk…wk……baru 3 hari lau gw operasi usbun,lancar jaya,Alhamdulillah,hanya pas bius total dan masuk ruang operasi tegang abis sampai badan gw shaking berat, n zzzz gw dibius,yah skrng gw lg pemulihan ga bs ngapai2x dulu yg ringan2x ajap

  41. Salam Gema,

    Operasinya sama persis ky gw. Laparatomy. Tapi yg bikin keki itu, diagnosa awal usus buntu biasa alias ringan. Pas gw liat di rekam medis gw ternyata tindakannya sampe laparatomy, terus ada 3 lagi tp gw lupa namanya dan itu bikin gw parno “Ini pasti persekongkolan! Ginjal gw pasti diambil ini!!” #LOL

    Bedanya kalo loe dipasang kateter pas gak sadar, nah gw pas lagi sadar pake banget bro. Asli itu rasanya lebih tajem dari mie ayam warung sebelah. Susah digambarkan bro, full of imagination sakitnya. Gw sampe teriak2, sampe dipegangin 2 perawat cowok. Kalo inget masa2 itu, bikin ngilu sendiri.

    Btw, gw lg pemulihan. Udah jalan 3 mingguan, tp jahitan gw ditolak sama tubuh karena perut gw masih ngeluarin nanah. Jadi semacam perlindungan diri tubuh gw buat ngeluarin itu benang karena benda asing gitu. Dan alhasil perut gw bolong sepanjang sayatan operasi, dan gw cuma bisa lemes tiap kali perban gw diganti. Dari perut gw yang bolong gini, gw jadi pesimis asli tp setelah baca cerita loe, gw jadi optimis lg bro karena awalnya gw mikir cuma gw yg dapet kasus ky gini. T_T

    Semoga penderita usus buntu lainnya nemu ini cerita biar pada optimis, aamiin..

    1. hahahaha lebay lu brooo hahaha..
      tapi dulu gue juga lebay sih mikirnya.

      anjir iya sih untung aja ya gue pasang kateter pas lagi gak sadar.
      oke lah selamat pemulihan semoga cepet prosesnya. semangat terus, bro Arief!

    2. Skrg gmana luka nya?.., ponakan ku jg op usbun dah pecah n udh ampir 3 minggu msh opname, msh keluar nanah juga, masih dapat antibiotik ceftriaxon dg metronidazol, pdhal sdh cukup lama ya

  42. Nyari fungsi selang di samping perut pasca operasi malah ketemu artikel ini haha

    Gw juga pernah di operasi tapi beda bukan usus buntu, udah 1 atau 2 tahun lalu. Gara2 kecelakaan, kejadiannya pas lampu ijo tinggal beberapa detik lagi, gw yang pake motor ini sengaja ngegas kenceng biar ga ketinggalan dan ga disangka-sangka kesenggol sama motor gede semacam vixion/tiger gt lah. Kaget, tiba-tiba oleng ke ke kanan sambil ngebut (entah kenapa gw ga bisa ngerem tapi malah tambah ngegas) dan pas bgt nabrak mobil yang lg berhenti. Gw kepental dr motor, gw ngerasain badan gw keguling-guling, untungnya helm gw masih kepasang. Itu tiba-tiba rasanya sakit sesakit sakitnya sakit didaerah perut sampe kaki ga bisa lurus dan ga bisa bangun sama sekali. Orang2 udah pada ngerubungin gw, ada yang bantu ngangkat ke tepi jalan sama ngasih air minum. Gw coba telp org dirumah ngasih tau gw kecelakan.

    Skip skip gw digotong ke ambulan dan sampe rumah sakit terdekat (muhamadiyah bandung). Rongsen, infus dll. Prosesnya pada buru2. Gw dirujuk kerumah sakit hasan sadikin bandung dan langsung dibawa otw kesana. Dirumah sakit HS. baju sama celana gw langsung dirobek, gw ditelanjangi. Dan langsung di “oprek2” sama anak2 mahasiswa kira2 seumuran gw. Berasa diperkosa + jadi bahan uji coba ๐Ÿ™
    Gw bener2 keadaanya shock bgt waktu itu. Lanjut dibawa keatas buat di operasi waktu itu jg, ga tau siapa tapi waktu itu dokter bedahnya perempuan.

    Skip2 operasi selesai dan gw hampir sama ngalamin apa yang lo rasain, berasa dejavu haha. Bedrest 20hari di RS, 10hari+ dirumah. Ternyata tulang rusuk gw ada yg patah, terus nuncep ke hati, tulang di pinggul kegeser, ginjal gw ancur dan harus diambil satu. Kalau gw di “belek”nya dari bawah puser sampe deket belahan tete, cukup panjang berbekas kaya ulet kaki seribu ngeliatnya.

    Alhamdullah udah sehat sekarang ini ๐Ÿ™‚
    Udah ga mau lagi deh ngebut ngejar lampu ijo, sekarang kalau naik motor/mobil jadi selow. Ngeliat ada orang yang ngebut2an dalem hati suka bilang ini orang kayaknya blm pernah kecelakaan parah ๐Ÿ™

    Cuma bekas selang yang di kiri suka gatel entah knp, udh dikasih salep sama dokter udh lumayan sembuh. Cuma sekarang gatel lagi, jadi dipakein salep yang dokter kasih lg. Makannya nyari di google gunanya buat apa, taunya drain toh hehe

  43. Demi apapun senasib bgtt sama gema wkwk tapi jahitan gue dari bawah puser sampe atas *sensor* panjang bgt udah kaya rel kereta wkwk

  44. Kok sama kyk aku kak. Aku juga operasi usus buntu. Tpi yng disobek dari atas puser smpek bawah. Pengen fitnes tpi takut mshan klo sobek ini jahitan-_-

  45. Serem jg ceritamu sob,tpi alhamdulillah kemarin saya habis operasi lancar tidak serem seperti cerita anda,dan skrg msih dlm pemulihan…

  46. hay gan..setahun lalu gw operasi sm persis kyk gn..cm.dr ratusan artikel dan info..knp ya cm kita yg bedahnya vertikal.sampai skrng gw ngerasa kyk mal praktek..kenapa sih sayatanya ga menyamping aja..tanda tanya besar gan..gw tkt kl tindakan operasi bedah perut ke bawah merupakan kesalahan prosedur.ah ngeri..soalnya ane cweek..tkt ngaruh sm kehamilan.

    1. padahal googling kapan bisa futsal lagi setelah paska op eh ketemu ini blog. Gua baru op tgl 24 desember 2015, semua yg lu rasain persis gua rasain bentuk jahitan operasi sama persis cuma gua gk di drain yg selang itu. waktu selesai op gua shock kok luka jahitan nya panjang gini setau gua op usbun kan palingan cuma segaris kecil. yg paling linu tuh lepas kateter shit rasanya itu.

      1. hahahaha lepas kateter tuh ya emang rasanya… kayak terhisap gitu sebagian nyawa tercerabut bersama selang kateter. Lebay tapi bener! hahaha

        Moga cepet pulih bro!

  47. Usus buntu nya pecahnya dikit2, jd agak lama terdiagnosa, td nya dikira gastritis dengan infeksi saluran kencing.., nanti udh muntah, diare n perutnya teraba keras, baru deh ketauan usbun, lgsg operasi cito, nanah nya sekitar 10cc, belum lg nanah yg udah tlanjur pecah dalam perut.., sebulan di rs sekarang alhamdullilah udh baik, jahitan operasi nya jg dah kering n rapat.., oia, pemulihan pasca op.usbun ada pantangan makan ga?

    1. wattt sebulan! opnam sebulan!? gila sih.. semoga lekas pulih aja ya mbak. Kalo kata dokterku sih pantangan gak ada, malah lebih bebas dari sebelumnya. Mau makan biji-bijian apapun udah lebih halal karena ga bakal nyangkut lagi

      semoga lekas pulih yaa

  48. Saya juga usbun nya udah pecah mas gema. 3 minggu setelah OP (pertama masuk kerja) koq pinggul rasanya linu2 gitu ya. Kayak ditusuk2. Udah 3 hari tp belum sembuh jg. Mas gema ngalamin nggak? Saya jd parno sendiri nih..

    1. auuu saya waktu tu masih kuliah sih jadi ngga terlalu mikirin aja. Cuman ya itu ga enak kalo jalan pegel banget punggung karena posisi kaya semar begitu badan. Sekarang sih udah 5-6 tahun berlalu udah nggak majalah! :p

  49. sya kmarin tgl 14 januari 2016 jg abis oprasi usus buntu,udah pecH
    ngeluarin nanah sampe 2 mgguan,awal feb perutq sakit bgt dbawa lg ke RS ,pas dcopot jahitannya,,jaitan luar sobek semuA,sobek skitar 4 cm trus g djait ulang dibiarin kerring sampe skrg uda kering,,udA hampir 2 bln perut terasa sesak ngilu y?
    sampe skrg aq bersin g berani,,takut jaitan sobek

  50. Mas gema :V
    Kenapa kok saya Operasi Appendix boleh minum sebelum kentut, iyasih pertamanya muntah air hijau banget :V dan pas 2 malam kentut berdesis 4 Kali . Nah disitu besoknya hari pertama selesai operasi saya disarankan berjalan pendek :V Nah kalo perut gede sebelah itu dampak Karena siap di Operasi ga ? Mas gema juga rasain ini juga ga ?

    1. Waduh.. gatau itu kata dokter saya mah begitu. Kayanya ga gede sebelah deh. Perut saya mah GEDE SEMUA :))))) Kzl kan. Tanya dokter aja bro untuk keterangan lebih lanjut.

  51. Halo…Salam kenal darai saya! beruntung sekali saya mendapatkan blog ini. Sudah lama saya cari info-info mengenai reaksi pasca operasi usus buntu. Saya operasi usus buntu Oktober 2015 tahun lalu. Pasca operasi saya kalau kecapean, atau kadang hbis makan kepedesan bagian perut deket luka operasi tapi bagian dalamnya kerasa sengkring2..heheh. Kadang panas rada senut2 gitu, berlangsung bisa dua harinan lalu hilang. Kira2 itu normal ngga ya. Pernah saya seminggu ndak sembuh2 akhirnya saya bawa ke dokter kata dokter bisa jadi peradangan tapi ngga masalah katanya nanti sembuh sndri.
    Tapi seringnya misal kecapean terasa seperti itu dengan muncul pergi begitu. Apakah teman2 merasakan hal serupa seperti saya? normal ngga ya?

    1. kayaknya sugesti aja tuhh.. hehe nggak ya? aku juga gatau sis.. suka agak kaya gerak2 gitu sih ada yang mengalir di sekitar situ, tapi sekarang udah enggak lagi tuh, mungkin udah gak kupikirin lagi kali ya hehe semangat!

  52. haampir sama deh kejadian sya Sma @Mba Sri muryati dan @Mas GemaSatria Sya periksa di Dkk yg positif hanya infeksi saluran kencing doang Tpy saya gk nyakin Klau itu Infeksi saluran kencing dan akhirnya saya Ke Dokter yg memberi Rujukan buat ke dkk, Memberi hasil Lab tersebut dan dokter hanya blg gak ada Masalah ko dengan yg lain hanya Infeksi saluran kencing Mba, Dan keesokan hari sya kembali ke dokter kembali dan dokter angkat tangan lalu dokter memberi sya rujukan buat periksa Di RSRI Balikpapan Lanjut lah sya periksa Perut sya hanya di pencet terasa banget sakitnya dan Dokter RSRI Menyatakan saya Usus buntu dan harus cepat2 di Operasi Tgl 21-04-2016 Setelah itu Sma seperti Yg di rasakan @MasGama. Bingungnya Saya kenapa hasil lab hanya Infeksi saluran kencing Tapi Tidak apa2 Alhamdulilah Sdh agak mendingan Walau Masi merasakan Sakit dan Masi keluar Cairan Dry Daerah jahitan

  53. gue h 3 op. app., lama banget harus nunggu setahun ya bro baru bisa fitness๐Ÿ˜Œ.. klo jalan tampan kira2 berapa hari ya?
    yang gua bingung kenapa ya bab gua mencret, kaya berminyak banget, komposisinya kaya minyak sama lendir wanra coklat pekat..
    oiya mau tanya buah yg dimakan itu buah apa bro? sekarang

  54. wah..pas banget nemu post.an ini, cari2 ttg efek pasca operasi usus buntu, smua yg dtulis trnyata kealamin smua T.T, mulai dri kehausan krna blm kentut, sakit wktu batuk, susah tidur/jalan dlm posisi tegak dsb. smpet khawatir jg sma efek/gejala/apalah itu namanya nyelekit2 dperut, krna skrg udh hmpir 2minggu stelah operasi dn org2 bilang klu biasanya luka bkal pulih skitar smingguan smntara sya msih takut buat gerak2 yg pake otot perut, atau emang sy.nya aja yg males gerak2, bates normal buat geraknya smpe sjauh apa ye?wkwk..apa udh gpp kita mlakukan gerakan solat kya sujud, klu rukuk sih masih bisa, tpi klu utk sujud bawaannya parno mulu, prasaan yg ada ddalem perut ikut turun jg T.T,mnurut pengalaman gmna bang? krna kbtulan op yg sy alami jg oprasi besar, panjangnya kta dokter skitar 3/4 caesar T.T
    makasih bang sblumnya

    1. hahaha bener bangett kalo gerak tuh isi perut rasanya juga kaya gerak yak..
      sorry ya baru bales, paling hari gini udah jauh lebih baik kan??

      semangatttt, udah bebas pokoknya kalo udah usus buntu mah mau makan apa aja hajaaaaaar

  55. Hwwaa!!~ kakaaa.. sama persis sm yg aku alami.
    Ini aku baru 6 hari pasca operasi App..
    Dan nanti tgl 25 (10 hr pasca operasi) mau lepas benang jahitan.
    Aduh.. tp msh berasa banget yaa perut aku gk beres -_-‘ jalan susah.. tiduran susah.. bangun dr tiduran juga susah.. bersin tersiksa banget jadi gk puas gitu bersinnya. Batuk apa lg -_-‘
    Pgen daaah normal lagi…

  56. Setelah saya membaca cerita ini dan banyak juga komentar , saya jadi semangat…. semoga operasi app saya ini berjalan lancar… terimakasih semua…

  57. Sama kang, gw jg kaya gitu malahan sblm vonis dokter sampe bingung kok bisa usus buntu pecah tp msh bisa jalan ( normalnya kaki gabisa digerakin ) nah stlh usg ternyata udah pecah, dan diharuskan operasi pada hari itu, langsung lemes gw. Apalagi pas proses kateter sama selang buat perut anjayy

  58. Kaa aku juga alumni ops usus buntu nih, sialnya aku ops pas hari lebaran banget sekarang baru 11hari setelah oprasi rasanya bosen jenuh gabisa kemana2 sedih banget kan kaaa?

  59. Hai ka gema. Aku juga baru operasi usus buntu 2 bulan yg lalu dan skrg udah bisa berenang bahkan udah makan pedas lg. Tp entah knp bekas bagian operasi didalam nya kayak gatal gitu kaa. Dan katanya kalo sehabis operasi usus buntu makan pun jd sedikit. Apa iya benar?๐Ÿ˜‚

  60. Wkwkwk semuanya sama persis ama yg gua alamin pasca opersai usus buntu kemaren, lucu juga ya kalo di ingat2 hahaha๐Ÿ˜„

  61. sama nih, dua minggu yang lalu juga saya operasi usus buntu.
    tapi boleh gak sih berenang tapi luka jahitannya
    belum sembuh total ?

  62. Eh, telat banget nemu post’an blog kaya gini. Smua crtanya ms gema hmpir mirip dg yg sy alami, Sy jg alumni pasien usus buntu tp blm sampe pecah appendixnya.. Yg ga abis pikirnya perjuangan sy lebih lama dari awal divonis akhir Nov 2015, Awal Des 2015 dioperasi di Bandung RS Al Islam 6 hari dirawat trs pulang ke Metro deket daerah RS. Bbrpa hari doang di Bandung ikut Ayah ke Tasik biar dirawat Ibu, ga nympe smggu kondisi sy drop.. sakit dibagian perut, sulit buang angin, bab perut saya kembung + keras bngt + susah nafas, jantung sy + nafas cepet bngt pendek2, putus2. Akhirnya dibawa ke RS lagi di Tasik dan trnyta stlh dirontgent, usg dll ternyata ada infeksi yg nyebabin perforasi, peritonitis, sekaligus hospital acquired Pneumonia (Radang Paru2 yg Paling Parah) kl ga cepat ditangani bisa fatal. Sy jalanin lg operasi yg ke-2 skaligus masuk ICU dan nerima prosedur puasa minum pdhl haus bngt, NGT,drainase, dll hmpir sama dg ms gema, belum lagi luka operasi yg pertama ga kering2 krn kondisi tubuh+darah sy kurang Albumin (protein yg mempercepat proses penyembuhan luka pembekuan darah) kluar nanah terus menerus sampe lukanya nganga sakit bngt etc. Pmulihan jg lbh lama krn sy dirawat hampir 3 bulan dari Desember New Year jg dilalui di RS.. Smua yg sudah dilewati slalu bikin bersyukur kepada Pencipta, masih diberi kesempatan untuk hidup dan berbagi pengalaman kepada yg sehat agar tdk menyia – nyiakan kesehatan dan selalu berdoa agar diberi kesehatan oleh-Nya Aamiin ๐Ÿ™‚ Terimakasih untuk waktunya. -Sekedar Sharing-

      1. Iya Alhamdulillah, oiya saya mau sharing juga untuk yang pembekuan darah stlh operasinya lambat spti yg sy alami itu harus disuplai Albumin [kl ada opsi cair atau kapsul pilih yg kapsul aja ya, yg cair hrganya tembus 1jt krn di injeksi lwat infus] tapi memang kurang membantu byk kasus sy, sy juga sampe minum obat cina (pin xie huang) walopun mahal kurg lbh 800rb dikasih bbrp butir, tapi tetep dibeli karna ktnya bagus utk yg hbs operasi apapun [menguatkan fungsi hatii, pankreas dan organ tubuh yg berperan dlm penyembuhan] stlh sy minum emng Alhamdulillah cairan perut brupa nanah dll di drain menyusut, ibu sy sampe nyesal knp ga ngasih obat itu dari awal ke sy stlh operasi yg pertama. Ortu baru inisiatif grgr cairan perut banyak dan ada luka nganga bolong (abses bernanah) stlh operasi kedua. Saat itu Sy udah kena vonis hrs dioperasi yg ke-3x kl cairan perutnya msh terus banyak, sampe nangis berdua sama Ibu saya Alhamdulillah krn shbis konsumsi itu sy terhindar dari operasi yg disarankan dkter bedah saya itu. Smg bermanfaat untuk pembaca, karena kalau kejadian seperti saya itu udah tingkat keparahannnya tinggi banget. Infeksi dari perut yg disebabin Bakteri bisa nyampe ke Paru -Paru bisa menyebabkan Pneumonia sampe gagal pernafasan ke kematian.. sy pengobatan untuk membersihkan dampak pneumonia itu sampe 2 blnan di RS karena sering demam tinggii, batuk” krn ada bubble & cairan di paru” (sistem pertahanan tubuh melawan infeksi ditandai dg demam). Sy terus dipantau dokter + perawat & Antibiotik dosis tinggi sampe ngebuat kulit mengelupas, rambut rontok, badan makin kurus karena tubuh terus berjuang melawan infeksi bersamaan dg obat”an.. Semoga pengalaman saya ini Bermanfaat untuk yg baca ๐Ÿ˜Š. NB : Numpang tanya, kl Mas Gema sampe skrg masih suka terasa celekit” kecilnya ga didaerah (dalm perut) bekas luka operasian?

  63. Semoga semua teman2 yg pernah mengalami usus buntu kembali bisa beraktivitas seperti sebelum sakit.. ๐Ÿ™‚ Semangat. Beruntung udah nemu post an ini biarpun udh telat bngt. Kisahnya hampir mirip biarpun pemulihan sy lebih lama..

  64. Aq jga 2mnggu yg lalu operasi usus buntu ..
    Dan baru jlan 1mnggu udh mulai sembuh .. skrg udah bisa ngpa2in tp msh takut sih ka ..emang bnr rasanya nyiksa bgt ..
    Mau pipis aja suami yg nyebokin ..
    Sama persis kyak q kak critanya ..
    Awal mau oprasi q jg pkiran gk karuan .. serem bgt dech pkoknya ..
    Ckup skali aja .. ya kak gema

  65. Haaiii Gema.. Haduhh pas baca.. Persis bngt sih apa yg w rasakan sekrng nih.
    Eh tapi w mau nanya deh, pas km stlh op seminggu terasa aga sesak ga sih.??
    Soale skrg w lg sesak nih. Hampir mau balik lg ke rs tmpt op.

  66. Membantu postingan nya.. Saya juga salah satu korban penyakit usus buntu yang sudah pecah.. Saya hanya menyarankan bila saat baru selesai operasi kan pasti ada batuk dan bersin nya, jika mau batuk atau bersin mulut nya di buka biar agak nggak terasa sakit nya…
    Bila ada penyakit mag kambuh dan tidak mau makan selama sehari dan terasa mual bila mau makan lagi, sebaik nya jangan makan dulu, sebaiknya minum terlebih dahulu dan itupun minum nya gak boleh sekali gus, harus minum setengah gelas atau setengah seperempat gelas. Dan agak lama sesudah minum baru boleh makan. Itupun makannya sedikit sedikit kalau nggak bisa mual lagi dan terjadi nya muntah. Terima kasih..

  67. tepat seminggu yang lalu (27/12/2016) saya ops usus buntu kategori akut. Sehari pasca operasi susternya udh nyuruh buat duduk & sama dokter udh boleh makan nasi krna menurut dokter ususnya udh cukup kuat. Besoknya (28/12/2016) udh boleh pulang/ dirawat dirumah. Kemarin (03/01/2017) kontrol ke dokter katanya bekas operasinya udh cukup kering & kalau mau mandi boleh basah, tapi saya masih ragu soalnya tiap buka perban msh ada item2 kaya bekas darah. Semoga operasi pertama & terakhir & kita semua alumni ops app selalu sehat. Aamiin

  68. Mas Gema,, hampir sama kejadiannya sama akk .. skrng pas banget pasca operasi 3 minggu .. tapi kenapa yaa bekas jahitan aku ada yg berlubang n akk harus bener” konsen sama luka yg berlubang,, soalnya kalo gga naik jugga katanya aku harus jahit ulang .. kan ngerii banget !!!

  69. Udah sebulan operasi trus googling2, dari semua artikel ilmiah ttg usus buntu, malah cerita lu yg bikin gw tenang wakakakak.. makasih yahh *hug* :”)

    skrg yg ada dipikiran gw cm takut2 ada nanah ketinggal di dlm tubuh huhuhu

    *Btw postingan 2012, komen org sampe 2017 masih dibls lah hahaha salut!

  70. Lg iseng2 nyari info perawatan hbs oprasi usu buntu.. nemu ni blog.
    Berhubung blm 24 jam stlh oprasi jd sy jg msh di kasur aja ga bisa bangun..
    Trs baca ini.. sy pgn ngakak tp ga bisa krn msh sakit. Ini bagian yg habis kentut teriak2 kenceng di iCU.. hahaha bs kebayang kya apa staf2 diruangan kaget denger anda teriak ๐Ÿ˜… tp bisa ngerti krn sy jg ngerasain ausssss bgt stlh puasa 16 jam ga minum ga makan sblm&stlh oprasi usus buntu.
    Tp Alhamdulillah usus buntunya ga nyanpe pecah spt anda jd ga sampe masuk ICU dan oprasi besar. Kaget jg pas bc ususnya dikeluarin smua..trs dicuci trs dimasukkin lg? Waaah.. itu pasti lbh menyakitkan after oprasinya.
    Thanks yah udah ngebagi pengalaman oprasi besar usus buntu. Smoga sehat slalu โ˜บ

    1. Hahaha katanya lho ya katanya. Katanya usus saya dikeluarin semua tapi gatau juga. Kan dibius! aminn semoga sehat selalu juga ya kaka Aryani!

  71. Akkkhhhhh…. gilaaaa……
    Besok istri saya op, mohon doa nya guys.. tapi saya heran dengan cerita nya, hanya cuma tes darah aja beberapa jam sudah langsung operasi… sedangkan istri saya tes darah aja nunggu dari jam 3 sore sampe jam 11 malam pada hari kamis, selanjut nya, USG, CT SCAN, sampe paru-paru istri saya di tes pula.. dan tanpa sadar ini sudah hari selasa besok hari rabu baru di operasi !!! WTF ?????
    (apa karena istri saya hanya memakai BPJS yg /bulan cuma bayar Rp.27.500)
    Sampe gw jenuh dan buka blog ini.
    Thanks all… minta doa nya buat operasi nya besok RABU 18 JANUARI 2017 .
    Tanks, artikel nya..

    1. aaah saya baru baca, semoga sekarang udah lebih baik ya om kondisi istrinya. Bisa jadi begitu, karena BPJS, RS jadi agak main fraud dilama-lamain atau menambah layanan yang tidak perlu. Tapi kalo pada kasus saya sih itu karena saya udah sakit sejak 2-3 hari sebelumnya, dan menurut dokter usus buntu saya udah pecah jadi harus segera diangkat kalau enggak bisa infeksi sekujur dalam rongga perut. Kan mengerikan tuh..

  72. aku baca ini sehari setelah operasi, sama jg pengalamannya. cuma kateterku blm dilepas๐Ÿ˜ข
    bacanya sambil nahan sakit gara” mau ketawa haha. thx udah sharing bang

  73. iseng2 googling pake keyword “pasca op setaun bisa renang ga” eh malah nemu ini dan pas banget persis mewakili perasaan saya 2 taun lalu mas gem wkwk semoga kita semua (alumni op) selalu diberikan kesehatan ya Aamiin

  74. Keren neh, postingan 2012 masih lanjut di 2017, top banget…
    Aseli sama banget ceritanya tp gw ampe 2x operasinya (vertikal pula di bedahnya ๐Ÿ˜‘), operasi pertama di jahitannya ada infeksi jd mesti di bongkar lagi si jahitannya dan di jahit ulang dr awal ๐Ÿ˜ซ (udah kayak baju aja ni perut, pake acara bongkar pasang)
    btw ini gw udh mau memasuki bulan ke 3 pasca operasi, tp perut gw masih buncit aja yak, emg kayak gini atau ada something ya?? Mohon pencerahan para suhu ๐Ÿ™

  75. hari ini, tepat 5hari stelah sy operasi besar usus buntu dan ini lg nunggu mobil jemputan krna udh ada instruksi buat pulang dan pas search google soal op usus buntu isinya really scared !!!! And then ? Finally i find u !!!!!!! Dan blog kamu ini 100000000% dari paragraf atas mpe bawah itu like me bgtttt bner2 apa yg aku alami bgt.. tp di bagian akhir yg 1month after operasi itu bner2 pegangan yg bkin aku semangat jalani hdup krna trnyta ga cuma aku aja kok yg kyk gni.. dan org lain bisa jalani,masa aku enggak ? Bner2 motivasi bgttttttttt thank uuuuuuuuuuu, skrg aku plg dlu yay dan doakan segera sembuh tanpa menimbulkan penyakit yg lain. Aamiin

  76. halo ka ๐Ÿ˜€ ngakak baca tulisannya, menghibur banget. ini hari ke 6 saya pasca operasi usbunt, sy kira kenapa jalan kok susah banget kek nahan2 ternyata emang kaku. tulisannya membantu banget !! sy awalnya nyari โ€œrasa diambil benang jahitan operasiโ€ eh nemu ini :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *